Petir lumpuhkan jaringan kantor

Capek juga, seharian tadi kerjaannya memperbaiki kantor yang down semalam akibat disambar petir, mulai dari pengecekan kabel/, server, , , pc, lancard dll. Awal mula kaejadiannya kemarin malam sekitar jam 22.30 salah satu teman menelponku karena aplikasi respon time pelayanan pengaduan gak bisa (gak konek), setelah aku coba suruh nge-ping routernya atau muncul pesan Out. Langsung aja aku nebak routernya (gateway-nya bermasalah/error) lalu aku tanya apakah tidak ada pemadaman disana, dia bilang tidak ada cuma barusan ada petir kemungkinan tersambar petir, lalu aku coba kontak salah satu teman helpdesk kantor surabaya, tapi diluar jangkauan, lalu aku coba kontak admin (karena jaringan wan kantor menggunakan hasilnya juga nihil, gak diangkat (si admin sudah tidur).

Karena aplikasi respon time tersebut dipantau langsung dari kantor surabaya, langsung aja aku meluncur kekantor yang jaraknya juga tidak begitu jauh ± 5Km dari rumah. Sesampainya dikantor aku coba check switch hub jaringanku ternyata normal, lalu aku coba check kabel lan dari router icon+ ke switch ternyata mati, benar dugaanku router milik icon+ bermasalah, karena tidak punya laptop aku tanya teman yang sedang piket ada yang bawa laptop nggak untuk ngecheck router milik icon. Akhirnya setelah mendapatkan laptop aku coba bypass jaringan tersebut, dari router langsung ke laptop, hasilnya tetap down.

Akhirnya ingat aku pernah punya nomor telpon support icon+ area jember, aku coba kontak dia alhamdulillah tersambung, lalu aku laporan bahwa jaringan wan kantor down, dan aku jelasin bahwa port dari router untuk jaringan kantor mati. dan sudah aku coba bypass tetap saja, pihak icon + jember menyarankan aku untuk kontak icon+ regional jatimPawai Budaya . Read more ... », lalu dia mengirim nomer regional jatim tsb ke aku, tanpa ba bi bu lagi, aku langsung kontak ke regional jatim, setelah menjelaskan keadaan jaringan wan, support jatim akan mengecek dulu dan nanti akan dihubungi lagi. Beberapa menit kemudian aku ditelpon pihak support jatim dan aku melakukan converence dengan sopport icon pusat, kalau sudah dibukakan lagi jalur untuk jaringan wan di port 21, aku disuruh mencobanya dan alhamdulillah sukses (konek kembali). Aku coba kembalikan bypass jaringan itu ke switch hub kantorku dan aku coba test ping ternyata tetap RTO, tak check hanya di properties jaringan hanya sent aja, receive tetap nol, lalu aku coba ke switch hub yang satunya hasilnya juga sama, dua-duanya switch hub ternyata terkena imbas petir juga, padahal sudah aku coba restart bolak balik switch tersebut, akhirnya aku pasangin spare switch hub 8 port yang tersisa, untuk sementara mengkoneksikan aplikasi respon time pelayanan pengaduan, untuk yang lain bisa besok pagi (tadi pagi=red).

Pagi hari tadi sekitar pukul 7.15 pagi, saat di perjalanan menuju kantor, aku ditelpon teman bagian SDM kalau mesin () tidak bisa/mati, sesampainya dikantor lalu aku check mesin absensi tersebut, ternyata terkena imbas petir juga. Lalu aku membuat bon permohonan untuk penggantian 2 switch hub yang rusak di ruang server, dikarenakan memang sudah kehabisan spare, sambil menunggu toko komputer buka sekitar jam 9, aku coba check lagi perangkat² apa saja yang terkena petir, ternyata bukan hanya 2 switch ruang server, dan mesin absensi, mikrotikBerkenalan dengan Pfsense. Read more ... » router boardku serta satu PC diruang pengaduan juga jadi sasaran petir, dan kayaknya juga CCTV di ruang pelayanan (tidak aku check karena monitoringnya diruang manajer, dan manajer sedang dinas luar).

Setelah mendapatkan 2 switch hub baru, langsung saja aku koneksikan semua kabel lan diruang server agar teman² kantor dapat bekerja kembali, karena hampir semua aplikasi dikantorku menggunakan jaringan baik itu jaringan lokal maupun wan. setelah semua kabel lannya terpasang di switch kira² dua menit jaringan wan-ku down lagi, aku check router icon+ port 21 mati. Lagi-lagi aku harus kontak pihak icon+ (karena kita tidak dikasih hak akses di router tsb) untuk melaporkan bahwa jaringan wan kantor down lagi, pihak icon+ menjelaskan bahwa ada perangkat dikantorku yang , jadi router otomatis mati, agar tidak menggangu jaringan wan lainnya. Pusing juga jika harus mengecek satu-persatu perangkat atau PC dikantor, dikarenakan jumlahnya yang tidak sedikit, akhirnya aku mencoba mengira-ngira pc teman admin pelayanan pelanggan yang bermasalah, dikarenakan PC yang dia gunakan rakitan, dan PC itu menyala saat kejadian petir menyambar kantorku, mau aku coba disable atau shutdown PC-nya terpasswod dengan terpaksa aku cabut kabel lan dari pc-nya. Lalu aku coba kembali untuk kontak icon+ untuk membuka lagi akses di port 21 tersebut, sambil menunggu kira² setengah jam apakah jaringan down lagi, dan Alhamdulillah perkiraanku benar PC admin pelayanan pelanggan itu yang bermasalah, alhamdulillah masalah teratasi. koneksi kantorku sudah berjalan normal, tinggal koneksi kantor unit yang bergandengan dengan kantorku yang belum terkoneksi, setelah teman satu teamku tak suruh ngecheck, switch hub di sana juga kena petir ternyata, karena permohonan pengadaan yang aku buat hanya dua, akhirnya temanku tak suruh bikin permohonan pembelian switch lagi, sambil menunggu switch hub baru datang, sementara agar kantor unit konek, swith hub di aula terpaksa aku suruh pindahkan dulu untuk kantor unit.

Sore hari setelah semua berjalan normal, aku dapat telpon dari gudang bahwa PC-nya tidak konek, “waduh masa gudang juga terkena petir” pikirku. setelah aku cek ke gudang benar koneksi silang network cable unplugged, switchnya terkena petir juga, karena PC di gudang tinggal satu terpaksa aku potong salah satu kabelnya tak koneksikan lewat modular jack. Jadi total yang rusak akibat disambar petir 5 switch hub, 1 router board, 2 PC, 4 CCTV (masih meragukan), Semoga besok dan seterusnya jaringan kantorku tidak terkena petir lagi. Amin.

inicuma

Hanya seorang blogger pemula yang ingin berbagi pengalaman dan cerita yang pernah didapatkannya selama ini.

Hasil Pencarian :
    jaringan down (19), cara mengatasi wifi yang tersambar petir (5), cara memperbaiki wifi yang tersambar petir (3), cara membenarkan modem dlink yang terkena petir (2), kenapa jaringan wifi rusak karena tersambar petir (1), lan mati kena petir (1), memperbaiki lan yang tersambar petir (1), mengatasi port wan rusak (1), Penyebabnya apa setiap ada petir jaringan computer dan cctv jadi rusak (1), router wifi rusak terbaru (1), solusi komputer saat kena petir (1), switch hub disambar petir (1), cara agar hub tidak tersambar petir (1), icon jember (1), hubungan wifi dengan petir (1), cara memperbaiki jaringan wifi kena petir (1), cara memperbaiki lan card yg tersambar petir (1), cara memperbaiki switch hub d-link 16 port (1), cara memperbaiki switch hub yang rusak (1), cara memperbaiki telepon kantor (1), cara memperbaiki wifi yang kena petir (1), cara memperbaiki wifi yang kesambar petir (1), Cara Mengatasi Router LAN Rusak (1), www lan card laptop rusak kena petir (1)

8 Comments

  • Jolanda says:

    Great fan from this blog, a ton of your writes have definitely helped me out. Looking forward to updates!

  • payday loan based on income says:

    The next summer, 1794, corn grew dear, and distress began in our land.

  • MonoteendaGam says:

    Fiction has a unique role in conveying Truth. In fact, only fiction that is Truth with a capital T is worthwhile.

  • dumarin says:

    Makanya pasang penangkal petir, tha KangMas..

  • buy proxies says:

    Thank you for the information. I will book mark this blog.

  • miko says:

    kok gk pernah aktif lagi linknya bos?
    cerita petirnya persis seperti yg kualamin. Kemudian cerita ttg pfsense-nya juga. Malah udah 11 bulan aq pake pfsense.
    Salam kenal ya bos.
    Rhomiko, C. S.

    • inicuma says:

      lagi buntu ide masbro mau nulis apa…, hehehe, dah gak pakai pfsense lagi nih beralih ke ClearOS, dan sekarang malah pake fortigate :D, salam kenal balik, ntar deh kalau ngumek² lagi aku tulis disini

Leave a Reply

Artikel Lain yang mungkin anda sukaclose